Twitter

PEMILIHAN LOKASI BUDIDAYA IKAN

Posted by Nova Jessica - -

Banyak factor yang mennentukan dalam pemlihan lokasi untuk usaha budidaya ikan, namun pada dasarnya dapat di kelompokkan menjadi dua, yaitu factor teknis dan non teknis.
1.      Faktor teknis
Factor teknis adalah faktor-faktor yang secara langsung mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan terhadap kegiatan teknis budidaya ikan seperti sumber air, jenis tanah, limbah, dan kualitas air.
a.       Sumber air
Lokasi budidaya ikan sebaiknya dekat dengan sumber air yang kontinuitasnya terjamin sepanjang tahun seta debitnya cukup dan kualitas airnya sesuai degan persyaratan ikan yang akan dibudidayakan, namun bebas dari pengaruh banjir. Sumber iar ini bias berasal dari sunggai, mata air, saluran irigasi, sumur atau waduk.
b.      jenis tanah
tanah dipilih yang tidak porus yaitu tanah liat atau lempung, sehingga kehilangan air karena filtrasi, rembesan dapat dihindari seminimal mungkin.
c.       Jauh dari pembuangan limbah
Karena ikan sangat peka sekali terhadap lingkungan dan hidupnya tergantung sekali dengan kualitas air, maka hindarilah pemilihan loasi yang sumber airnya tercemar, baik ituh oleh limbah pabrik atau limbah rumah tangga, karena bias megakibatkan kematian pada ikan.
d.      Kualitas air
Sumber air untuk budidaya ikan harus memenuhi persyaratan kualitas ar yang sesuai, baik secara biologis, fisika maupun kimia. Yaitu air haarus jernih tapi kaya akan pkan alami, tidak mengandung bahan-bahan yang beracung serta suhu, pH sesui dengan jenis ikan yang dibudidayakan.

2.      Faktor non teknis
Faktor non teknis adalah factor-factor yang tidak berpengaruh secara lagsung terhadap untung ruginya usaha dalam budidaya ikan, factor-factor tersebut di antaranya jauh dekatnya dengan lokasi pemasaran, sarana trasportasi, mudah tidaknya mendapatkan tenaga kerja, keamanan dan kemuudahann memperoleh sarana produk serta kesesuaian dengan lingkungan social budidaya setempat.
a.       Dekat dengan lokasi pemasaran
Jauh dekatnya lokasi budidaya dengan tempat pemasaran ini penting di perhatikan karena erat kaitannya dengan biaya yang dikeluwarkan untuk pengangkutan, yang akan berakibat pula pada harga jual ikan yang di prokduksi dan pada akhirnya berakibat pula pada kemampuan bersaingan di pasaran.
b.      Deka dengan sarana trasportasi
Agar hasil ikan yang dibudidayakan mudah cepat dipasarkan, harus di perhatia juga sarana trasportasi baik jalan maupun alat angkutnya, halini pula berkaian dengan prinsip ekonomi seperti halnya jauh dekatnya lokasi pemasaran dengan lokasi budidaya ikan ditambah dengan system pengepakan dan system pengangkutan yang arus di gunakan.
c.       Mudah mendapatkan tenaga kerja
Kemudaha dalam mendapatkan tenaga kerja pun harus di perhatikan, terutama dalam mendapatkan tenaga kerja yang professional dalam menangani ikan serta upah tenaga kerja yang murah,agar biaya produksi yang  dikeluwarkan dapat di tekan seminimal mungkin.
d.      Keamana terjamin
Keamana terjamin yang dimaksud di sini adalah keamana yang dapat menggaggu kelancaran teknis budidaya seperi gangguan hama, gangguan dari orang atau kemungkinan terjadi bencana alam.
e.       Mudah memperoleh sarana produksi
Agar kegiatan produksi dapat di tekan seminimal mungkin, maka memilih lokasi usaha harus mempertimbangkan dalam  kemudahan memperoleh sarana produksi baik bibit atau benih, pakan, obat-obatan,peralatan dan lain-lain.
f.       Lingkungan social budaya
Ligkunga social budaya pun mungkin untuk hal-hal tertentu perlu dipertimbangkan, misalnya sesuainya komoditas yang akan di budidayakan dengan lingkungan social budaya dan agama. Apakah tidak bertentangan dengan social budaya dan agama di daerah yang dipilih.

PERSIAPAN WADAH DI KOLAM ATAU SAWAH
Untuk mendapatkan ikan yang berkualitas baik, perlu diperhatikan kolam yang baik pula, sebab dengan kolam yang dipersiapakan dengan baik ikan merasa sesuai sehingga akan cepat pertumbuhannya. Beberapa kegiatan yang perludi lakukan untuk menciptakan kondisi tersebut adalah sebagai berkut:

a.       Pengeringan dasar kolam
Pengeringan dasar kolam bertujuan untuk:
1.)    Menghilangkan senyawa-senyawa beracun
2.)    Membunuh hama dan penyakit yang bersarang dalam kolam
3.)    Memperbaiki aerasi (O2) didalam tanah menjadi baik
4.)    Pengeringan dasar kolam di lakukan selama 3-7 hari (tergantung cuaca dan keadaan tanah), yang penting dasar tanah menjadi retak-retak.
b.      Perbaikan pematang dan pengolahan tanahh kolam
Kegiata ini bertujuan untuk:
1.)    Memperbaiki bagian yang rusak (pematang bocor)
2.)    Memperbaikai strutur tanah
3.)    Meningkatkan daya tahan tanah terhadap air
4.)    Menetralisir gas-gas beracun, seperti asam sulfide, amoniak
5.)    Pengolongan dasar kolam  dilakukan dengan membajak  atau mencangkul
c.       Pemupukan dan pengapuran
Pemupukan dan pengapuran bertujuan untuk:
1.)    Memperbaiki pH tanah
2.)    Membrantas hama penyakit ikan
3.)    Kapur ditaburkan setelah kolam benar-benar kering dan agar merata perlu di aduk dengan cangkul
4.)    Dosis kapur sebanyak 15-25 gram/
5.)    Menyediakan pakan unsur hara bagi tumbuhan pakan alami (plankton) yang menjadi makanan ikan
6.)    Pupuk yang diberikan pupuk organik, dosis 0,25-0,5 kg/ ,TSP dengan dosis 10g/ , urea 15g/
Dosis pupuk tersebut tidak mutlak tetapai di sesuaikan dengan tingkat kesuburan, cara pemberian pupuk kandang bias dionggokkan di beberapa tepi kolam atau di sebar pada dasar kolam. Sedangkan untuk pupuk TSP dan urea di sebar pada dasar kolam.
d.      Pengairan kolam
Pengairan kolam ikan dilakukan setelah kegiatan diatas selesai. Ketinggian air yang di perlukan antara 40-50 cm, air tersebut di biarkan selama 5-7 hari agar kolam di tumbuhi plankton. Tanda-tanda air yang ditumbuhi plankton biasanya berwarna kehijau-hijauan.

PENEBARAN BENIH
A.    Syarat Benih
Benih yang sehat memiliki cirri-ciri sebagai berikut:

1)      Gerakannya lincah
2)      Tidak cacat dan tidak luka di tubuh
3)      Tidak ada tanda-tanda terserang penyakit
4)      Besarnya kurang lebis seragam
B.     Jenis Ikan

a.)    Ikan herbivora, yaitu ikan pemakan tumbuhan misalnya, ikan tawes dan gurame
b.)    Ikan carnivore, yaitu ikan pemakan daging misalnya, ikan lele, bawal
c.)    Ikan omnivora, yaitu ikan pemakan segala jenis pakan, misalnya ikan nila, dan ikan mas.
C.     Penebaran Benih
Benih ikan dapat ditebar di kolam bila kondisi kolam telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1.)    Kedalaman air dapat dipertahankan 60-75 cm
2.)    Air sudah ditumbuhi plankton atau makanan alami
3.)    Kualitas airnya baik dengan kriteria kandungan oksigen terlarut minimal 4 ppm, pH air 6-8, dan suhu air 23- C.
1.      Padat penebaran
Faktor yang menentukan padat penebaran (jumlah ikan / ) adalah pemberian pakan, kesuburan kolam, ukuran ikan yang ditebar, lamanya pemeliharaan dan lain sebagainya.
2.      Waktu Penebaran
Waktu penebaran benih ikan umumnya dilakukan pada pagih hari atau sore hari, padasaat airnya sejuk sehingga benih ikan yang ditebar tidak setress (mati).
3.      Cara penebaran
-          Penebaran ikan dilakukan dengan cara aklimatisasi, yaitu penyesuaian suhu air pada wadah benih dengan air kolam, penyesuaian kualitas air.
-          Aklimatisasi dilakukan selama 15-30 menit sampai suhu air pada wadah benih sama dengan air kolam dengan cara kantong plasatik berisi benih ikan langsung di apungkan dalam air kolam.
-          Pelepasan benih dilakukan dengan cara memiringkan wadah benih sampai ikan keluar dengan sendirinya.
PEMELIHARAAN IKAN
A.    Metode Pemeliharaan ikan dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu monokultur, polikultur, dan mixkultur.
1.      Monokultur
Metode pemeliharaan ikan dimana dalam satu wadah hanya ditanam satu jenis ikan saja, dan umumnya pemeliharaannya dilakukan secara intensif.
2.      Polikultur
Metode pemeliharaan ikan dimana dalam satu wadah hanya ditanan lebih dari satujenis ikan. Tidak semua jenis ikan dapat dipelihara secara polikultur. Pertimbangan pemeliharaaan ikan dengan menggunakan metode ini adalah efisiensi penggunaan wadah, efisiensi penggunaan pakan.
3.      Mixkultur
Metode pemeliharaan ikan dimana dalam satu wadah selain ditanami ikan juga ditanami non ikan seperti padi, itik dan lain sebagainya. Beberapa metode mixcltur yang umum dilaksanakan saat ini adalah mina padi, mina ayam.


B.     Pemberian Pakan
Pakan sangat berperan dalam pertumbuhan ikan, agar pakan yang diberikan optimal maka jumlah harus tersedia cukup, kualitasnya memadai serta sesuai dengan jenis atau pun bentuknya. Juga waktu, frekuensi, dan cara pemberiannya yang tepat.

1.      Kanduungan pakan ikan
Pakan yang dimakan oleh ikan pertama-tama digunakan untuk memelihara tubuh dan menganti alat-alat tubuh yang rusak, kelebihannya baru digunakaan untuk pertumbuhan. Pakan ikan yang diberikan harus menggunakan protein, karbohidrat dan lemak, zat makanan ini akan di ubah mejadi energi. Protein merupakan sumber energi utama, kandungan protein pada pakan harus berkisar antara 28-30% (Hapher, 1975)
2.      Jumlah pakan yang diberikan
Jumlah pakan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan. Bila pakan yang diberikan kurang dari yang di butuhkan kemungkinan yang terjadi adalah pakan tersebut hanya digunakan hanya untuk memprtahankan kondisi tubuh saja sedangkan bila berlebiha ikan tidak akan menghabiskannya, sehingga terjadi pembusukan sisa pakan. Menurut Admadja dkk (1985) pemberian pakan perhari adalah 2-5% dari bobot ikan yang dipelihara.
3.      Jenis pakan ikan
Jenis pakan ikan dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu pakan alami dan buatan. Pakan alami adalah pakan yang diberikan pada ikan yang wujudnya masih asli. Keadannya bias hidup, mati, segar ataupun awetan, contohnya: infusoria, daphnia, jenis yamuk, cacing, jangkrik, bekicot, dan lain-lain. Pakan buata adalah pakan yang diberikan pada ikan yang wujud asalnya tidak nampak lagi. Pakan buatan ini umumnya sudah diramu sehingga bahan lebih dari satu jenis dan kandungan nutrisinya bias diatur oleh pembuatnya.
4.      Bentuk pakan ikan
Bentuk pakan yang dimaksud adalah bentuk pakan buatan, karena pakan buatan bias dibentuk sesuai keinginana pembuat dan peruntuknya. Macam-macam bentuk pakan ikan ini diantaranya adalah bentuk emulsi, pasta, tepung, flek, butiran, remah, pellet.
5.      Waktu dan frekuensi pemberian pakan
Waktu frekuensi pemberian pakan untuk ikan yang dipelihara secara intensif seperti di jaring apung dan kolam air deras pemberiannya rata-rata 5 kali sehari. Sedangkan ika yang di pelihara secara semi intesif pemberian pakan 3 kali sehari. Untuk ikan yang di pelihara secara tradisional umumnya hanya mengandalkan paka alami yang ada dikolam, bila diberipakan pun hanya sekali-sekali saja dan waktunya pun tidak tentu.
6.      Cara pemberian pakan
Cara pemberian pakan ikan ada bermacam-macam di antaranya dengan automatic deman feeder, ditebar, dihamparan. Macam-macam cara pemberian pakan itu tegantung dari jenis dan ukuran ikan yang dipelihara.
C.     Pengamatan pertumbuhan ikan
Untuk mengetahuai pertumbuhan ikan yang dipelihara dapat dilakukan melalu sampling. Dari hasil sampling tersebut dapat dihitung konversi pakan untuk megetahui kualitas pakan pakan yang baik dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Konversi pakan  =  

Keterangan:
F          :Jumlah pakan yang diberikan selama pemelihraan
Wo      :Berat awal iakn rata-rata
Wt       :Berat akhir ikan rata-rata
D         :Jumlah berat iakn yang mati selama pemeliharaan
Apakah nilai konversi pakan rendah maka berarti kualitas pakan yang diberikan baik (analog pertumbuhan ikan baik). Namun bila konversi pakannya tinggi berarti pakannya kurang baik (analog dengan pertumbuhan ikan kurang baik).
            PEMANENAN DAN PASCA PANEN
A.    Pemanenan
Hal-hal yang berkaitan dengan pemanenan yang perlu diperhatikan agar tidak mengalami keggalan atau kerugian itu dapat dihindari seminimal mungkin, maka harus diperhatikan alat yang digunakan baik jumlah, jenis, ukuran, maupun bahannya, cara panen waktu panen, dan metodenya harus tepat.
1.      Alat panen ikan
Pemilihan macam alat yang digunakan harus disesuaikan, karena penggunaan alat ini tergantung dari ukuran ikan yang akan dipanen, jumlah ikan yang dipanen,jenis ikan yang dipanen, jumlah tenaga kerja yang tersedia, metode yang digunakan,efisiensi dan efektifitas yang diharapkan. Jenis-jenis alat yang digunakan dalam kegiatan panen ikan adaalah hapa, ember, seser, anco, dan lain-lain.
a.       Hapa
Hapa ini merupakan alat yang cukup penting untuk pemanenan ikan, fungsinya untuk penampungan ikan hasil panen sebelum ikan diseleksi dan di pak. Hapa ini dapat digunakan untuk semua jenis ikan dan ukuran ikan yang dipanen, hanya ukuran dan mesnay harus disesuaikan dengan ukuran ikan yang dipanen, semakin besar ukuraan ikan yang dipanen semakin besar pula hapanya(baik mes maupun volumenya).
b.      Seser
Kegunaan seser adalah untuk menangkap ikan setelah air kolam surut,namun perlu diperhatikan besar kecilnya ukuran seser, halus kasarnya mess seser dan kasar halusnya bahan seser yang digunakan harus disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran ikan dan jenis ikan yang di panen.
c.       Anco
Anco bias digunakan untuk memanen ikan apa bila ikan yang akan dipanen tidak terlalu banyak serta air kolamnya tidak dikeringkan. Namun perlu diperhatikan pula ukuran dan jenis ikan yang akan dipanen. Ikan-ikan yang bisa dipanen dengan menggunakan anco adalah ikan-ikan yang berukuran kecil dan tidak mempunya duri yang tajam serta jumlahnya tidak terlalu banyak.
2.      Metode panen
Prinsi pemanenan ikan dapat dilakukan denga dua metode, yaitu metode panen secara selektif dan metode panen secara total. Panen selektif yaitu pemanenan ikan hanya dengan cara hanya memanen sebagian saja, yaitu ikan-ikan yang berukuran atau yang dikehendaki sesuaai permintaan. Sedangkan panen total adalah ikan dipanen tanpa melihat besar kecinya ukuran ikan.
3.      Cara panen
Cara panen yang digunakan tergantung dari keperluan, efisiensi, efektifitas yang diharapkan serta wadah budidaya ikan yang dipergunakan. Cara paanen ikan dapat digunakan dengan dua cara, yaitu dengan cara mengeringkan kolam budidaya lalu ikan ditangkap atau ikan ditangkap tanpa mengeringkan kolam.
4.      Waktu panen
Pemilihan waktu dalam pemanenan ikan ditentukan jauh dekatnya lokasi pemasaran. Biasanya ikan dipanen sore hari atau pagi hari (subuh).

B.     Pasca panen
Setelah ikan selesai dipanen dan sudah terkumpul pada wadah penampungan, tahap berikutnya adalah menseleksi ikan-ikan yang memenuhi standar untuk dijual, baik dilihat dari ukurannya, warna, jenis kelamin, bentuk tubuh, dan kesehatannya. Lalu sebaiknya bila ikan akan diangkut untuk dipasarkan maka sebaiknya dilakukan pengepakan dengan mengunakan kantong plastik yang berisi air dan ditambah oksigen.
Tempat penampungan ikan biasanya berupa bak yang dilengkapi dengan sarana pengairan atau berupa aluran yang airnya mengalir terus menerus. Di tempat penampungan ini akan bias diamati kesehatannya (kualitasnya).

            PENGEPAKAN DAN PENGANGKUTAN
1.      Pengankutan
Hasil akhir dari pemeliharaan ikan perlu diperhatikan mengenai pengangkutan ikan.
            Faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah:
a.       Suhu udara disekelilignya
Sebenarnya ikan masih tahan hidup pada suhu C s.d C, pada batas-batas suhu tersebut ikan sudah gelisah, kehilangan keseimbangan ataupun mabuk karena harus bernapas lebih cepat lagi, karena hal ini akan menghabiskan energi/tenaga. Pada suhu yang tinggi oksigen dari udara akan lebih rendah penyerapannya di dalam air suhu yang paling cocok untuk pengangkutan ikan ialah C.
b.      Kadar oksigen dan karbondioksida yang terlarut
Kebutuha oksigen untuk ikan besar dan kecil adalah berbeda, hal ini didasarkan atas perbedaan permukaan insangnya. Ikan besar jelas insangnya lebih luas permukaannya, maka oksigen yang diperlukan oleh ikan tersebut relatif lebih banyak di bandingkan dengan ikan yang berukuran kecil.
Tetap bila dibandingkan dengan satuan berat yang sama maka ikan besar lebih sedikit membutuhkan oksigen bila dibandingkan dengan ikan kecil sebab dalam satua berat yang sama ikan kecil memiliki jumlah permukaan insang yang lebih luas dibandingkan dengan ikan besar. Oleh karena itu bila pengangkutan ikan kecil harus banyak diperhatikan akan kebutuhan oksigennya,selain itu juga perlu di ingat bahwa ikan kecil kondisinya lebih lemah dibadingkan ikan besar.
c.       Pengaruh pH
Pada akhir pengangkutan ikan kadar pH akan turun, sifat air menjadi asam. Hal ini di sebabkan meningkatnya kadar CO2 dan juga karena banyaknya kotoran. Semua itu memegang peranan penting dalam goncangan pH. Ikan dapat tahan dalam pengankutan dengan pH air sekitar 6,3-7,6.
2.      Sisem Pengangkutan Ikan
a.       Pengangkutan Terbuka
Dengan menggunakan pengankutan terbuka, maka kebutuhan akan oksigen tidak begituh masalah karena oksigen dari udara dapat selalu terserap dalam air dan zat asam arang dalam air dapat terusir ke udara. Contohnya, pengankutan ikan dengan karambah pikul yang terbuat dari anyaman bambu, ember atau baskom plastik ataupun bangle yang terbuat dari tanah.
b.      Pengangkutan Tertutup
Pengangkutan tertutup adaalah system pengangkutan dimana antara ikan yang diangkut tidak dapat berhubungan langsung udara luar. Ikan benar-benar tersekap dan kelangsungan hidupnya tergantung pada kondisi alat pengangkut tersebut(kantong plastik), maka kita haarus member oksigen yang cukup kedalam alat pengangkut tersebut.
3.      Jumlah ikan yang diangkut dan ukurannya
Jumlah ikan yang diangkut harus diperkirakan agar dapat menjamin keselamatan ikan tersebut.
4.      Pemberokan
Untuk mengurangi metabolisme ikan selama dalam pengangkutan maka sebelum ikan diangkut perlu diberokan atau dilapangkan dahulu. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal:
a.       Mengurangi jumah kotoran yang dikeluwarkan agar kondisi air tetap baik.
b.      Menenangkan ikan selama dalam pengangkutan
c.       Mengadakan seleksi terhadap kesehatan ikan, maupun jenis ukuran ikan yang diperlukan.

2 Responses so far.

  1. Unknown says:

    terimakasih kak informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi kami http://bit.ly/2KFWNkJ

  2. Unknown says:

    Saran saya kata atau kalimat harus diperhatikan karena banyak kata yang salah dan penjelasannya kurang detail kurang lengkap... Isinya hanya basa basi gak jelas

Leave a Reply

Followers

About Me

Foto Saya
Nova Jessica
Lihat profil lengkapku

Sponsors

JAM

FASILITAS PENGUNJUNG

Popular Posts

Bagaimanakan pendapat anda tentang Blog ini??