Twitter

Cara Budidaya Ikan Air Tawar yang Benar

Posted by Nova Jessica - -

Usaha budidaya ikan air tawar di masyarakat Indonesia hasilnya kurang begitu maksimal. Akan tetapi perlu banyak cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan harga nilai ikan tinggi dan berkualitas. Misalkan saja budidaya ikan bawal yang saat ini masih ramai digemari masyarakat.

Banyak poin-poin yang ada pada artikel budidaya ikan air tawar. Blogiztic.net akan mengupas tentang budidaya ikan air tawar sebagai berikut. Beberapa poin yang perlu dipersiapakan untuk budidaya ikan air tawar antara lain sebagai berikut.
Persiapan kolam
Kolam untuk budidaya ikan air tawar harus bersih dari penyakit. Cara yang tepat untuk menanggulangi timbulnya penyakit pada ikan air tawar, anda harus menguras kolam sampai kering dengan kapur dengan kapur tohor maupun dolomit dengan dosis 25 kg per 100 meter persegi.
Pemilihan bibit
Pemilihan bibit adalah hal yang penting, karena hanya benih yang baik akan hidup dan tumbul dengan baik pula.
Penebaran benih
Sebelum benih ditebar sebaiknya benih diadaptasikan, agar benih tersebut tidak stres di dalam kolam. Bila sudah lama beradaptasi, cara berikutnya benih dilepas secara berlahan-0lahan.
Kualitas pakan
Kualitas pakan sangat penting dalam nudidaya ikan air tawar. Kualitas pakan yang baik adalah pakan yanq mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral. Pakan diberikan 3-5 % berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yang dipelihara).
Pemungutan Hasil
Pemungutan hasil usaha pembesaran dapat dilakukan setelah ikan air tawar dipelihara 4-6 bulan, waktu tersebut ikan bawal telah mencapai ukuran kurang lebih 500 gram/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/m 2 . Biasanya alat yang digunakan berupa waring bemata lebar. Hasil pemanenan sebaiknya penampungannya dilakukan ditempat yang luas (tidak sempit) dan keadaan airnya selalu mengalir.

One Response so far.

  1. Unknown says:

    terimakasih kak informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi kami http://bit.ly/2KFWNkJ

Leave a Reply

Followers

About Me

Foto Saya
Nova Jessica
Lihat profil lengkapku

Sponsors

JAM

FASILITAS PENGUNJUNG

Popular Posts

Bagaimanakan pendapat anda tentang Blog ini??